IBX589487275DEC7 Reksadana Online, Cara Mudah Berinvestasi Reksadana - Catatan Ira Guslina

Reksadana Online, Cara Mudah Berinvestasi Reksadana

November 27, 2017


Ada banyak pilihan investasi. Harus bisa memilih yang tepat.
***

Berinvestasi merupakan salah satu jalan untuk mempersiapkan masa depan. Sudah banyak yang membuktikan, dengan berinvestasi keuangan di masa depan akan lebih terjamin. Hanya saja banyak yang masih bimbang, investasi seperti apa yang harus dilakukan.

Saat ini memang, ada banyak pilihan investasi. Ada model investasi konvesional seperti membeli tanah, rumah, atau menabung emas. Namun investasi dengan cara ini tak selamanya mudah.

Misalnya, bila ingin investasi tanah atau rumah, perlu modal besar untuk bisa mendapatkan tanah atau rumah yang memiliki nilai jual bagus. Apalagi saat ini harga tanah dan rumah semakin mahal saja.

Berinvestasi dengan emas memang terlihat lebih mudah. Namun investasi ini tidak menjanjikan nilai tambah yang besar lantaran nilainya relatif sama.


Lalu apa? Apakah saya tak bisa merasakan manfaat maksimal investasi?


Bisa. Ternyata, tak satu jalan ke roma. Selalu ada jalan untuk mereka yang berusaha dan punya ikhtiar kuat. Belakangan saya mengenal investasi melalui program reksadana. Apalagi sekarang menjadi lebih mudah karena ada reksadana online. 

Sama halnya dengan berinvestasi melalui bursa saham, investasi melalui reksadana juga menjanjikan hasil maksimal. Dengan model investasi ini kita akan dibantu oleh seorang Manager Investasi dalam mengelola sumberdaya yang ada.



Nah, buat kamu yang berencana berinvestasi reksadana, berikut beberapa tahapan yang perlu diketahui:

1. Memilih reksadana

Saat ini sudah ada lebih dari 800 produk dari reksadana yang dijual di Indonesia. Sebelum memilih, bacalah terlebih dahulu prospectus reksadana secara keseluruhan. Alternatif lain untuk bisa mendapatkan informasi produk reksadana adalah lewat dokumen Fund Factsheet. 

Umumnya dokumen Fund Factsheet terbit sebulan sekali oleh MI. Dokumen berisi kinerja bulanan serta ringkasan informasi yang penting. Luangkan waktu demi bisa mempelajari produknya sehingga kamu bisa mengetahui rekam jejak serta reputasi dari MI.

2. Kunjungi tempat jualan reksadana

Semenjak adanya teknologi, kini tak perlu langsung mengunjungi tempat penjualan reksadana secara langsung. Bisa melalui situs resmi perusahaan penyedia reksadana. 

Setelah itu ketahui ketentuan dan aturan pembelian apakah bisa secara langsung atau harus melalui agen lebih dulu. Jika sudah tahu mana yang harus dituju, maka proses bisa dilanjutkan dengan membuka rekening investasi.

Apabila di bank, maka ada baiknya untuk ke kantor cabang yang utama lantaran tidak semua kantor cabang bisa melayani buka rekening investasi reksadana.

3. Beli reksadana

Umumnya jika membeli langsung dari MI maka kita akan langsung diminta mentransfer uang sesuai jumlah yang diinginkan. Pastikan agar penyetoran adalah berdasar nama reksadana, bukan rekening pribadi.

Itulah beberapa tahapan yang perlu dilewati jika ingin investasi reksadana. Pastikan hanya investasi reksadana online melalui Trimegah. Di sini kamu tak perlu melalui agen, namun bisa langsung menginvestasikannya ke Trimegah dan dijamin aman.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.