IBX589487275DEC7 Karimun Jawa, Bersiaplah Kami Tiba - Catatan Ira Guslina

Karimun Jawa, Bersiaplah Kami Tiba

Desember 16, 2017

Berwisata ke Karimun Jawa, mewujudkan impian yang tertunda

***
Lima bulan menetap di Kota Semarang, Jawa Tengah, memberi banyak warna dalam hidup. Meski terbilang singkat, saya dan keluarga cukup puas lantaran akhirnya saya bisa menjejakkan kaki di beberapa kabupaten kota. Totally, saat ini sudah hampir 2/3 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang terjejaki.
Meski begitu ada satu destinasi impian yang belum terjejak.Karimun Jawa. Yup. Sudah beberapa kali saya dan suami merencakan pergi berlibur ke sana. Namun tak kunjung terealisasi.


Pernah sekali waktu dan suami sudah hampir sampai di Jepara dan berniat lanjut menyeberang ke Karimun Jawa.Namun tak terealisasi karena kami akhirnya harus kembali ke Semarang.

“Lain kali kita akan kembali.Kita akan menyeberang dengan naik kapal langsung dari Pelabuhan Tanjung Emas,” ujar suami kala itu.

Beberapa waktu menunggu, ternyata kesempatan untuk ke Karimun Jawa tak terwujud.Sampai akhirnya saya meninggalkan Semarang untuk kembali ke Jakarta akhir November.

“Karimun Jawa tunggu, kami pasti akan berkunjung.”

Saat ini berwisata ke Karimun Jawa sudah masuk dalam list daftar tunggu rencana liburan saya.J
Keinginan untuk menjejakkan kaki ke Karimun Jawa sebetulnya sudah ada sejak lima tahun lalu. Saat itu. Seorang sahabat di kantor baru saja liburan ke Karimun Jawa. Ceritanya luar biasa.Ia juga memamerkan foto-foto saat bewisata ke Karimun Jawa yang membuat saya tergoda.

Ke Karimun Jawa Bisa Apa? 

Gugus Pulau Karimun Jawa      Sumber : Kementerian Pariwisata
Ini dia yang menjadi pertanyaan utama suami saat saya mengajak ia berwisata ke Karimun Jawa. Sebagai donator, tentu saja ia ingin memastikan bahwa kami akan mendapat pengalaman seru saat berujung ke sana.

Agar si bos tak kecewa, langsung deh saya sodorkan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama ke luarga di sana. Tentu saja setelah wara-wiri sana-sini di dunia maya.J

Karimun Jawa sendri merupakan gugusan pulau yang terdapat di Laut Jawam dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar.Sejak 2001, Karimun Jawa ditetapkan menjadi taman nasional yang melindungi terumbu karang dan lebih dari 400 spesies.

Sebagai kawasan taman nasional, Kepulauan Karimun Jawa memiliki pesona wisata lengkap seperti pantai, wisata bawah laut, hutan mangrove, dan kekayaan budaya. Keindahannya membuat Karimun Jawa kini dikenal sebagai “The Paradise of Java”.

Untuk sampai ke Karimun Jawa, terdapat dua alternatif pelabuhan yaitu dari Pelabuhan Kartini, Jepara, atau dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.Di kedua pelabuhan ini terdapat kapal yang membawa penumpang secara berkala.Jadi kapal menuju Karimun Jawa tidak tersedia setiap saat. Karena itu, bila ingin berkunjung ke Karimun Jawa, sebaiknya pastikan dulu jadwal keberangkatan kapal agar tak zonk saat tiba di pelabuhan.




Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Karimun Jawa

Island Hopping
Berwisata ke gugusan pulau pasti tak akan lengkap bila kita hanya mampir ke satu pulau saja. Karena itu bila datang ke Karimun Jawa, rasanya perlu mencoba untuk berkeliling pulau-pulau dengan menggunakan kapal seraya mampir di beberapa pulau yang memikat.

Di karimun Jawa terdapat beberapa pulau yang Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil Pulau Gosong Seloka, dan Pulau Cilik. Aktivitas di setiap pulau juga berbeda-beda.Misalnya di Pulau Menjangan Besar kita bisa menemukan penangkaran hiu.

Snorkeling
Snorkeling merupakan aktivitas unggulan. Berwisata ke Karimun Jawa tak bakal sempurna bila belum menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling. Cerita beberapa teman yang sudah menjejak di sana, snorkeling di Karimun Jawa akan sangat membekas karena terumbu karangnya yang masih bagus dan terpelihara.

Melihat Penangkaran Hiu
Di Pulau Menjangan Besar terdapat penangkaran Hiu yang bisa menjadi objek untuk kami sambangi.Selain melihat hiu secara langsung, di sini juga bisa berfoto sambil menguji adrenalin.Pastinya berfoto dengan Hiu bakal menjadi aktivitas berisiko ya. Hmmm, kira-kira saya berani gak ya kalau sudah sampai di sana.

Bermain Pasir dan Susur Pantai
Rata-rata pulau di Karimun Jawa memiliki pasir putih dan landai.Cocok untuk bermain pasir atau sekadar untuk tiduran menikmati langit dan sapuan ombak. Bila datang bersama keluarga, anak-anak bakal suka berlama-lama bermain pasir di sana.

Menikmati Hutan Bakau
Di Karimun Jawa juga ada hutan bakau yang bisa menjadi objek wisata. Kita bisa trekking di sana. Atau sekadar keliling sampan untuk belajar dan menikmati keunikan tanaman bakau. Menikmati hutan bakau akan menjadi lebih seru karena di sana terdapat gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan karimun jawa dari atas

Wisata religi
Selain wisata alam, di Karimun Jawa kita juga bisa menikmati Wisata Religi.Di sini terdapat beberapa makam tokoh agama seperti makan Sunan Nyamplungan, di Desa Karimun Jawa.Juga ada Makam Sayid Kambang, dan Makam Sayid Abdullah. Dari makan ini kita bisa melakukan napak tilas sejarah perkembangan islam di Jawa Tengah.


Hmm.., membayangkan berbagai destinasi dan aktivitas yang bisa dilakukan saya jadi makin tidak sabar untuk segera menjejak kaki di sana.

Saking semangatnya untuk liburan, saya pun sudah mulai mencari informasi transportasi dan akomodasi yang akan digunakan. Liburan ke Karimun Jawa sepertinya tak terlalu sulit dijangkau karena akses transportasi dan akomodasi cukup tersedia.




Dari informasi dan pengalaman teman-teman yang sudah berangkat ke Karimun Jawa mereka merekomendasikan agar kami menginap di penginapan dan tidak mengambil opsi camping. Apalagi kami akan berangkat sekeluarga.

Saya pun mulai melakukan pencarian dan melihat beberapa alternatif hotel dan penginapan di sana. Lumayan menyita waktu juga karena harus bolak balik periksa satu-satu untuk mendapatkan hotel yang sesuai harapan.

Akhirnya saya menemukan dua hotel yang cocok yaitu Breve Azurine Lagoon Retreat  dan Omah Altcy. Keduanya memiliki fasilitas lengkap dan menurut saya cocok untuk staycation bersama keluarga.Kelar hunting hotel lanjut ancar-ancar penerbangan yang murah meriah dari Jakarta ke Semarang yang akan memboyong kami sekeluarga.

Saat mencari penerbangan murah inilah saya ingat kalau di Traveloka sekarang ada paket pemesanan tiket + hotel.Dengan paket ini saya justru bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus dalam satu waktu.

Ulala, kenapa sebelumnya tak kepikiran ya.JPadahal kalau bisa pesan hotel + tiket pesawat dalam satu paket saya kan tak perlu pusing wara-wiri buka pesana hotel dan tiket pesawat secara terpisah. Selain repot juga menyita banyak waktu.Sudah mudah, saving time pula.

Tak mau membuang waktu lagi saya pun langsung memasukkan paket wisata tiket dan pesawat Karimun Jawa. Dan tara…Hasilnya, dua hotel incaran saya masuk dalam rekomendasi Traveloka. Lebih seru lagi, saya justru bisa mendapat diskon 23 persen untuk menginap di Breve Azurine Lagoon Retreat.Jauh lebih murah daripada saat saya mencoba pesan terpisah.

Potongan 23 persen yang saya dapatkan sungguh amazing. Angkanya lebih besar dari normal karena biasanya kalau booking paket  tiket + hotel di Traveloka hematnya hingga 20 persen.  Dan diskon ini bisa didapatkan langsung tanpa memasukkan kode promo apapun.


Estimasi Biaya. Lebih murah dengan paket hotel+tiket

Well. Ancar-ancar untuk transportasi dan akomodasi sudah setengah rampung.Waktunya menyerahkan proposal budget pada pak suami.Dan bila disetujui, yuhuu lanjut pebayaran.Dan enaknya, karena sudah jadi pengguna setia Traveloka data transaksi saya sudah tersimpan.Jadi tingal tekan menu yess saja.

Doakan ya temans.Rencana liburan sekeluarga ke Karimun Jawa bisa diekseskui segera.Bagaimana dengan temans?Sudah menyiapkan liburan ke mana.



Hmm, pasti temans sudah menyimpan destinasi liburan favorit kan?
Ssstt, nanti untuk urusan pesan tiket dan booking kamar temans cobain pake paket tiket + hotel di Traveloka juga ya.Biar ketularan dapat hemat banyak. Kan mayan, kelebihannya bisa buat makan-makan selama berada di destinasi incaran. Mudah, murah, saving time pula…Yihaa….

Selamat mempersiapkan liburan ya.
J





2 komentar:

  1. Saya orang Jepara. Menang, Karimunjawa itu indah sekali :D

    BalasHapus
  2. Mantap bisa mengexplore keindahan pantai karimun jawa mba

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.