IBX589487275DEC7 Ini Dia, 5 Alternatif Liburan Akhir Tahun Berkesan di Jakarta - Catatan Ira Guslina

Ini Dia, 5 Alternatif Liburan Akhir Tahun Berkesan di Jakarta

Desember 22, 2017


Libur akhir tahun sudah di depan mata. Lebih asyik lagi musim liburan kali ini bertepatan dengan libur semester anak sekolah. Akan sangat sayang bila musim liburan dilewatkan begitu saja tanpa melakukan aktivitas apa-apa. 


Saking bersemangatnya menyambut liburan, tak jarang banyak yang sudah merencanakan berbagai kegiatan untuk mengisi liburan akhir tahun. Mengunjungi beberapa destinasi wisata favorit di Indonesia. Bahkan juga banyak yang merencanakan liburan ke luar negeri. 

Lalu bagaimana dengan yang tak punya rencana ke luar kota dan tetap tinggal di Ibu Kota? Apakah tidak bisa menikmati liburan akhir tahun dengan riang gembira? 

Eitss… Siapa bilang. Ada banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama liburan akhir tahun. Bahkan, ada banyak atraksi dan event yang berlangsung dengan memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru ini. 

Beberapa tempat wisata dan hiburan justru menyediakan kejutan spesial selama musim liburan yang tak bisa dirasakan pada hari biasa. Makanya jangan heran, banyak juga yang menjadikan Jakarta sebagai tempat liburan akhir tahun keluarga. 



Hmmm, jadi penasaran kan. Sebenarnya apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan di Jakarta selama liburan agar tetap berkesan. Berikut beberapa alternatif liburan yang bisa dipertimbangkan. 

1. Jelajah Museum

Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi jantung berbagai aktivitas negara. Di Jakarta pula tersimpan berbagai peninggalan sejarah. Juga terdapat berbagai monument dan bangunan yang menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa. 

Beberapa museum yang bisa dikunjungi adalah Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Fatahillah, Museum Energi, Museum Kepurbakalaan, dan Museum TNI. Juga terdapat banyak bangunan bernilai sejarah dan budaya seperti Museum Proklamasi. 

Selain menambah pengetahuan, berkunjung ke museum bisa memberi ketenangan jiwa karena suasana yang tenang dan adem. Berkunjung ke museum juga bisa menambah kecintaan kita kepada tanah air dan bangsa.

2. Rekreasi di Taman Bermain

Di Jakarta terdapat banyak taman bermain yang bisa dikunjungi selama musim liburan. Mulai dari yang santai sampai taman bermain yang ekstrim. Pilihan taman bermain bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan usia anggota keluarga yang diajak liburan. Pilihan taman bermain juga bisa indoor ataupun outdoor. 

Bila mayoritas anggota keluarga adalah anak-anak, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, berbagai wahana di Taman Impian Jaya Ancol. Bila mau mengunjungi taman bermain dengan konsep ruang tertutup bisa juga mengunjungi Kidzania, mengunjungi Ice Skating Taman Anggrek.


3. Bersantai Sambil Piknik di Taman

Siapa bilang kalau mau liburan di Jakarta harus menyiapkan budget besar. Di Jakarta juga terdapat banyak taman dan ruang terbuka yang bisa dijadikan lokasi untuk bersantai dan piknik bersama keluarga. 

Taman di Tugu Monas merupakan arena bermain dan bersantai yang luas. Bisa menikmati udara terbuka, sambil duduk dan bercengkerama bersama keluarga. Bila ingin berada di tempat yang lebih sejuk dan rindang, terdapat beberapa taman yang bisa dijadikan sarana liburan keluarga. Di Menteng Jakarta Pusat saja misalnya, terdapat beberapa taman yaitu Taman Suropati, Taman Menteng,  dan Taman Situ Lembang. Hampir di setiap wilayah Jakarta terdapat Taman Kota dan Ruang Terbuka Hijau yang dilengkapi sarana bermain anak. 

Selain bersantai, bila beruntung di sini biasanya kita juga bisa menyaksikan berbagai aktivitas hiburan. Di Taman Suropati biasanya di akhir pekan terdapat komunitas musik seperti biola dan gitar yang berkumpul dan berlatih bersama. Pemandangan ini tentu saja bisa menjadi hiburan gratis sambil bersantai dengan keluarga. 

4. Menikmati Surga Belanja

Buat temans yang suka berburu barang bagus baik fashion, craft maupun keperluan lain, akhir tahun merupakan waktu yang pas belanja. Mayoritas mall di Jakarta biasanya menyiapkan diskon khusus akhir tahun melalui program End Year Sale. 

Semakin mendekati pergantian tahun, biasanya diskonnya makin besar pula. Tak jarang pula, beberapa mall tertentu menggelar diskon berlipat dengan berbagai hadiah dan doorprize. Karena itu tak heran, banyak yang memanfaatkan liburan akhir tahun di Jakarta untuk berburu barang branded dengan harga miring. 

5. Merayakan Pergantian Tahun dengan Istimewa

Hal terpenting dari liburan akhir tahun adalah menikmati detik-detik pergantian tahun. Jakarta menyajikan berbagai alternatif bagi temans untuk melewati malam pergantian tahun. Berjalan dan bersantai di Monas selama malam tahun baru merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan. 

Duduk di bawah udara terbuka, sembari memandangi langit dan menuliskan resolusi untuk tahun 2018. Selain di Monas, malam pergantian tahun juga biasanya digelar di beberapa titik. Euforia pergantian tahun juga bisa dirasakan di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin mulai dari pelaksanaan Car Free Day pada 31 Desember nanti. 

Bila ingin melewati pergantian tahun dengan lebih spesial, di Jakarta terdapat banyak cafe dan restoran, yang menggelar acara. Bahkan tak sedikit hotel yang juga menggelar pesta tahun baru. Menikmati akhir tahun dari ketinggian Jakarta juga akan terasa berbeda. Misalnya dengan berkunjung ke Skye Lounge yang terdapat di Menara BCA. 





Nah, itu dia beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan akhir tahun di Jakarta. Jadi temans tak perlu berkecil hati bila selama liburan nanti tetap berada di ibu kota. 

Agar liburan akhir tahun menjadi lebih berkesan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan. 

1. Rencanakan liburan dengan matang

Temans bisa menyiapkan durasi waktu yang akan digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Sebaiknya selama liburan, seluruh aktivitas hanya difokuskan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Lupakan dulu urusan pekerjaan dan bisnis. Ini waktunya untuk keluarga. 

Setelah menentukan waktu, rencanakan pula berapa banyak objek yang akan dikunjungi. Apakah akan mengunjungi beberapa tempat dalam satu hari, atau hanya akan mengunjungi satu tempat saja. Berada di satu tempat dalam waktu yang lama akan membuat kualitas liburan menjadi lebih baik karena bisa santai dan tidak diburu waktu. 


2. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Liburan tak akan lengkap tanpa kenangan yang terekam. Karena itu, temans harus menyiapkan perangkat pendukung seperti kamera, gadget yang mumpuni, ketersediaan jaringan internet, dan juga pengisi daya darurat seperti powerbank. 

Bila ingin mengabadikan momen selama liburan dengan video jangan lupa siapkan dan bawa perlengkapan pendukung seperti tongsis dan tripod. Jika diperlukan siapkan pula kacamata dan topi untuk menghindari panas. 


3. Bawa bekal dan camilan

Agar liburan menjadi berkesan, temans bisa menyiapkan bekal berupa makanan ringan n untuk camilan selama bersantai. Terutama bila berlibur bersama keluarga di taman. Bila cuaca panas, taka da salahnya menyiapkan infuss water atau sari buah. Untuk temans yang berencana piknik di taman bisa juga menyiapkan bekal makan bersama. 

Namun, bekal dan camilan ini tak berlaku bila temans akan berlibur di mall karena di sana sudah tersedia restoran dan café yang akan menolong saat perut lapar. 


4. Transportasi dan Akomodasi yang nyaman

Agar pengalaman liburan menjadi lebih berkesan, akan lebih menyenangkan bila malamnya menginap di penginapan atau hotel. Selain memberi suasana baru, staycation bersama keluarga bisa semakin mendekatkan hubungan keluarga. 

Pilihlah penginapan yang nyaman, bersih dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti wifi, area parkir, penerima tamu, penyimpanan bagasi dan pendingin ruangan. Akan lebih baik lagi bila penginapan yang dipilih menyediakan budget yang terjangkau. 




Di Jakarta, terdapat banyak penginapan dengan harga miring namun bersih dan nyaman. Temans bisa mendapatkannya dengan mudah bila memesan melalui situs penyedia jasa booking kamar terpecaya seperti RedDoorz. 

Sejak hadir berdiri tahun 2015, RedDoorz terbukti profesional dan sangat membantu dalam mencarikan kamar yang nyaman dengan harga miring. Di Indonesia, selain di Jakarta, saat ini jaringan RedDoorz sudah tersebar di sejumlah kota seperti Bandung, Bogor, Semarang, Bali, Yogyakarta, Medan dan Batam dengan lebih dari 1000 penginapan dan hotel yang sudah bekerjasama. 

Selain mudah dan murah, RedDoorz juga memberi kesempatan pada pelanggan untuk mendapatkan diskon hingga 40 persen dan cashback dari setiap transaksi yang dilakukan. Bahkan untuk musim libur akhir tahun ini, bila beruntung pelanggan bisa mendapatkan harga spesial Rp99 ribu per kamar. 


Property RedDoorz @ S Parman


Saya sendiri berencana akan menghabiskan liburan di RedDoorz Plus S Parman. Lokasinya sangat strategis karena saya berencana akan membawa anak-anak menghabiskan liburan di Mall taman Anggrek. Selain berburu diskon End Year Sale, saya juga ingin mengajak krucils bermain ice skating. 

Malamnya kami akan menginap di RedDoorz Plus @S Parman. Lokasinya yang dekat dari Mall akan memudahkan kami. Selain itu, fasilitas di unit RedDoorz yang kami pilih juga lengkap. Staycation singkat di sana tentu bisa saya manfaatkan untuk makin menghangatkan hubungan keluarga.


Makin Mudah dengan
RedDoorz Mobile App



Sekarang ada cara lebih mudah untuk mendapatkan kamar. Cukup dengan mendownload aplikasi mobile dari RedDoorz, kita bisa melakukan pemesanan kamar secara online di perjalanan. 

Aplikasi mobile dari RedDoorz menyedikan tampilan yang mudah digunakan untuk melakukan booking hotel online.Melalui aplikasi, kita juga akan lebih mudah mendapatkan informasi dan promo booking hotel yang ditawarkan. 

Pemesanan melalui aplikasi menjadi makin mudah lantaran RedDoorz menawarkan berbagai pilihan pembayaran. Pelanggan dapat membayar hotel yang telah pesan secara online menggunakan beberapa metode pembayaran seperti Bank/ATM Transfer, Credit Card, Kredivo, Mandiri Clickpay, Doku Wallet and Alfamart.

Setelah melakukan pembayaran, maka email konfirmasi akan segera dikirimkan ke email pelanggan yang terdaftar, beserta seluruh informasi mengenai hotel yang telah dipesan. Menjadi lebih mudah bukan. Dengan begitu, liburan akhir tahun akan menjadi lebih berkesan dengan aplikasi mobile RedDoorz.  

Selamat berlibur.... :-) 


32 komentar:

  1. Wahh bener banget nih mba.. saya baru cek Google maps ternyata Taman Suropati dan Situ Lembang dekat sama kost hehe.. bisa nih main² kesana ..

    RedDoorz sepertinya murah² juga ya mba harga kamarnya.. bisa juga nih digunakan klo pas long weekend dan gak pulang kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas... bisa ditempuh jalan kaki dari Taman Suropati ke Situ Lembang...


      Untuk RedDoorz selain murah, kamarnya juga nyamam dan banyak pilihan

      Hapus
  2. Liburan nggak harus ke luar kota,yak, di dalam kota pun bisa jadi liburan menyenangkan asalkan terencana dengan matang, nggak perlu lama di jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mba... yang penting kualitas waktu bersama orang-orang tersayang...

      Hapus
  3. Enggak perlu liburan jauh-jauh ya buat penduduk ibu kota. Jakarta nyatanya juga menawarkan banyak tempat hiburan untuk liburan akhir tahun sekaligus perayaan tahun baru. Nice sharing, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Banyak tempat kece di Jakarta... tinggal kitanya lebih suka wisata seperti apa...

      Hapus
  4. Aku suka banget staycation sama keluarga untuk menghilangkan jenuh tapi gak jauh2. Nanti aku coba deh hunting di reddoorz juga. Kali dapat yg murmer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip mba... semoga ketemu tempat menginap yang sesuai kebutuhan di reddoorz

      Hapus
  5. ^pas bgt lg buka info ttg hotel2

    Redoorz mayan rekomendasi hotelnya banyakkk dan tempatnya bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. musim liburan begini, untuk wilayah seperti kota Jakarta malah banyak promo kamarnya di reddoorz

      Hapus
  6. Staycation di tengah kota mendekat tempat2 wisata kyk kota tua juga bisa jadi alternatif kayaknya. Atau kalau jenuh di Jkt bisa minggir ke Bogor. Hmmm, tapi emang rame juga sih dmn2 hehe
    Blm pernah nyobain RedDoorz TFS infonya mbk Ira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba... Jakarta rame kalau musim libur begini... dicoba aja mba reddoorznya siapa tau ada yang cocok buat staycation

      Hapus
  7. Waktu libur lebaran saya pesan kamar di hotel yg dekat dg kota tua. Mungkin saran mba di Reddoorz bisa saya jadikan prioritas. Hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp... semoga ket3mu yang cocok dengan kebutuhan ya mas...

      Hapus
  8. Jelajah museum ini adalah kegiatan menarik di Jakarta..
    Aku belum pernah nyobain RedDiors tapi kayanya enak yah.. Beberapa teman juga menyarankan nginap di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau rame2 ya mba... jadi sambil nambah pengetahuan akan museum juga tambah kehangatan dengan teman

      Hapus
  9. Museum, perpusnas dan aneka taman bisa jadi alternatif ya mbak. Niatnya yang pertama ke museum satria mandala ah....


    Red Doors ini kayanya boleh juga ya mbak, harga ramah di kantong. Mau ah kapan2 nyobain

    BalasHapus
  10. Aku udah lama gak ke museum. Pengennya ngabisin liburan ke tpt sejarah, ngajak ponakan juga biar sambil belajar. Untuk yg nginep2, Red Doors banyak banget pilihannya. Mau lihat yang di Semarang ah

    BalasHapus
  11. Betul, Mbak. Liburan gak perlu ke tempat yang jauh. Masih banyak tempat wisata yang menarik di sekitar kita. Yang penting kebersamaan dan bisa mempererat bonding di antara keluarga, ya, kan?

    BalasHapus
  12. Nah..bawa bekal n camilan..emang bisa ngirit jajan saat jalan2..
    Tapi kadang anak2 gak suka ..ih jalan masa bawa bekal...?? Hehehe..
    Enakan cari tempat makan yg instagramable.. #kidsjamannow

    BalasHapus
  13. Aku juga sering pake Reddoorz, misalnya di Bandung sama Surabaya waktu itu. So Far, puas banget!

    BalasHapus
  14. Ibukota masih seru untuk liburan akhir tahun. Apalagi diskon akhir tahunnya yang sangat menggoda

    BalasHapus
  15. Xixix aku sudah melakukan ke 5 nya tp emang jelajah museum ga sesering belanja sih hahhaahah. . tp emang jakarta tuh yg serunya ya itu. .surga belanja

    BalasHapus
  16. Liburan akhir taun di Jakarta paling enak sambil staycation. Cuma harga hotel pas staycation ini kadang amit2. Dulu sempet ada yg 2juta permalam. Ngeri.

    BalasHapus
  17. Liburan akhir taun di Jakarta paling enak sambil staycation. Cuma harga hotel pas staycation ini kadang amit2. Dulu sempet ada yg 2juta permalam. Ngeri.

    BalasHapus
  18. Liburan di Jakarta bisa menyenangkan juga ya, asalkan tahu caranya seperti staycation. Biasanya saat liburan harga kamar hotel meningkat, untungnya ada RedDoorz yang membuat kantong gak bolong dengan promo menarik yang ditawarkan.

    BalasHapus
  19. Liburan ala gue
    Bawa bekal
    Siapkan sepeda motor
    Bawa tikar

    Go to. Taman hewan sambil cekrek cekrek.. Pulang kehrumh nenek

    BalasHapus
  20. kalo aku liburan akhir tahun pasti pulang kampung, nengokin Bapak..hihi

    BalasHapus
  21. Pengen ih, jelajah museum, sambil ajak anak-anak. Pasti seruu

    BalasHapus
  22. Aku juga liburan ke rumah sodar2 nih mbaaa, silaturahim.. terus pergi sama kakak dan ponakan2.. seruu ya walaupun nggak liburan ke LN 😁

    BalasHapus
  23. Akhir tahun suasana ibu kota biasanya ramai.mlipir buat staycation memang sepertinya asyik ya mba...

    BalasHapus
  24. Aku belum pernah sekalipun ke jakarta. Semoga tahun ini atau tahun depan bisa pergi ke sana :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.