IBX589487275DEC7 Bahagia dengan Cara Sederhana, Bisa! - Catatan Ira Guslina

Bahagia dengan Cara Sederhana, Bisa!

Mei 20, 2018


Apa sih hal yang paling kamu takutkan dalam hidup? 

***

Tidak punya pekerjaan tetap, tidak punya pasangan, tidak punya mobil, tidak punya keluarga, atau takut tidak punya uang? Hmmm, jawabannya bisa bervariasi ya. Terserah saja sih karena memang setiap orang punya kehidupan masing-masing.


Tapi menurut saya, ada satu ketakutan yang perlu jadi catatan serius. Saya sendiri, emoh banget bila membayangkannya. Takut kehilangan diri sendiri.

Nah! Memang diri sendiri pun juga bisa hilang? Bisa dong. Bisaaaaa.. Bisa banget malah. Seseorang akan merasakan bahwa ia telah kehilangan diri sendiri ketika ia tak lagi merasa apa yang dilakukan sejalan dengan hati dan perasaan. Bahkan cenderung melakukan hal yang rutin tanpa ada feel lagi. Menjadi robot.

Orang yang kehilangan diri sendiri tak lagi merasakan gairah dalam hidup. Ia tak memiliki tujuan dan hidup pun menjadi hambar. Seperti makan nasi tanpa garam. :-)

Eh tapi bagaimana? Apakah seseorang yang sedang berusaha memperbaiki diri atau mencoba menjadi orang yang baru juga bisa disebut dengan kehilangan diri sendiri? 

Eitss tidak dong. Ini beda kasus lho. Kehilangan diri sendiri ini berbeda dengan menjadi the new one of you. Sebab menjadi The New One artinya dilakukan dengan kesadaran penuh, melibatkan hati dan perasaan dan biasanya dilakukan dengan suka cita.

Malah menurut saya, orang yang sedang berproses menjadi the new one biasanya merupakan bukti ia makin menyadari siapa dirinya yang sebenarnya. Menemukan potensi atau bakat tersembunyi yang selama ini belum teresksplorasi.

Lalu bagaimana caranya agar kita tetap menjadi diri sendiri? Menurut saya jawabannya sederhana saja. Berbahagialah! Karena hanya dengan berbahagia kita bisa merasakan aura positif dari setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan sehari-hari.

Untuk bisa bebahagia, tak perlu modal besar. Kamu hanya perlu melakukan dua hal. Pertama menjalani segala aktivitas dan rencana dengan bahagia, dan kedua menikmati hasil dan proses dengan bahagia. Jadi sederhana bukan?



Bermula dari Hal Sederhana


Ini dia hal yang penting. Meski terkesan sepele, jiwa adalah hal yang paling penting dijaga. Agar bisa bahagia kita perlu memastikan bahwa apa yang dilakukan dan dipilih saat ini sudah dijalankan dengan pertimbangan masak. Dipilih dengan kesadaran supaya hati lega.

Misalnya saya. Tiga tahun menepi dari dunia kerja dan bereinkarnasi menjadi stay at home mom rupanya tak membuat saya menjadi karatan. Dulu sebelum memilih resign saya yang terbiasa sibuk dan aktif sempat berpikir akan menjadi cepat gerah dan bosan di rumah.

But, than miracle happened. Menurut kerabat dan orang dekat, saya justru kini terlihat lebih bahagia dan ceria. Saya sendiri merasakan perubahan ini. Bila dibanding saat bekerja, saya merasa menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Rahasia sederhanya, karena saya berbahagia. Menikmati setiap menit yang dilalui dengan suka cita. Rasa bahagia membuat hidup jadi lebih bermakna dan berguna.


Bagaimana caranya agar tetap bahagia? 


Cara pertama yang perlu dilakukan adalah membuat suasana menjadi menyenangkan. Ada banyak cara menghadirkan suasana menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan mendekorasi ulang tempat kita beraktivitas. Rumah atau ruang kerja merupakan tempat kita menghabiskan lebih dari separuh hari untuk berkreativitas.

Mendekor ulang akan menjadi sangat menyenangkan karena menghadirkan suasana baru. Perasaan menjadi diri yang lebih dihargai dan bisa menciptakan semangat baru. Pilihan dekorasi bisa dimulai dengan mengubah warna cat rumah atau ruang kerja sesuai selera.

Untuk kamu yang bekerja di perusahaan, tentu tidak mudah untuk mengecat ulang ruang kerja bukan. Maka pilihannya adalah dengan mendekor ulang. Paling tidak, kamu bisa menempatkan beberapa benda favorit di atas meja kerja.

Agar tampilannya lebih menggugah mata, usahakan meletakkan benda yang unik atau memorable. Bila belum menemukan ide, saya punya 5 barang rekomendasi unik dan eye catching yang bisa kamu tiru.

1. Frame foto


Bila punya foto yang bisa membangkitkan semangat bisa dipajang di atas meja kerja. Selain fotonya, frame juga menentukan tingkat mood lho. Karena itu bisa pilih motif dan desain frame yang sesuai.



2. Kotak permen dan benda kecil


Agar meja kerja tidak berantakan sebaiknya siapkan kotak yang tepat. seperti candle box.  Kotak ini bisa juga digunakan untuk meletakkan permen. Pilih motif dan desain kotak yang sesuai dan unik agar menambah semangat bekerja



3. Pajangan

Pajangan ini bisa berbentuk benda yang mewakili hobi dan kesenangan. Atau bisa juga meletakkan pajangan yang merepresentasikan hal yang membuat kamu bisa berbahagia. Misalnya pajangan happy family.



Itu dia beberapa benda sederhana yang bisa menggugah semangat untuk lebih berbahagia menjalankan aktivitas. Elegan dan terlihat berkelas bukan?


Dan sssttt, apakah kamu tahu di mana saya menemukan pajangan dan pelengkap dekorasi yang elegan itu?

Yap. Saya menemukan pajangan dan miniature yang pas untuk menambah semangat di meja kerja itu di website iLotte. Situs belanja inii memang cocok banget buat kamu yang tengah mencari inspirasi seperti untuk mendekor ulang rumah dan ruang kerja.

Model yang tersedia di sana berbeda dibanding yang biasa kita temukan di pasaran. Selain itu juga banyak barang dekorasi kostum yang bisa dipesan khusus sesuai selera.

Oke. Setelah kita berhasil menciptakan suasana yang nyaman langkah selanjutnya mulailah beraktivitas. Nikmati dan jalani setiap detik dengan lebih bersemangat.

Dan jangan lupa, selain bekerja dan menjalani rutinitas, kamu tetap harus meluangkan waktu melakukan hal-hal yang digemari. Selain mengembalikan mood, menyisihkan waktu untuk me time akan membuat hidup menjadi jauh lebih bahagia.



Bila kamu suka berkebun, keluarlah. Ambil peralatan kebun dan make over halaman depan rumahmu dengan lebih maksimal. Bila kamu hobi olahraga, bangun, ambil peralatan olahragamu., ganti kostum dan mulailah.

Buat yang suka memasak, belanjalah. Penuhi dapurmu dengan bumbu dan bahan masak, lalu tenggelamlah dalam eksperimen mencoba menu baru yang disenangi keluarga. Dan buat kamu yang gemar fashion dan kecantikan, luangkanlah waktu untuk bermanja dengan diri. Tak perlu ke salon.

Memanjakan diri bisa dilakukan di rumah sambil menikmati kebersamaan dengan keluarga.
Bila kehilangan ide, jangan takut. Carilah inspirasi di sekitar seperti berkunjung ke website IStyle.com. Di website ini akan kamu temukan beragam inspirasi yang bisa kamu praktikkan seperti inspirasi fashion. 

Dan hal yang lebih menarik menurut saya, di IStyle kita bisa juga menemukan berbagai inforomasi seperti info tempat makan dan info restoran. Jadi tak perlu menghabiskan waktu di luar rumah berkeliling mencari tempat makan. Baca referensi di IStyle lalu meluncurlah.

Selamat berbahagia.

:-)

2 komentar:

  1. Bahagia itu bisa kita ciptakan dari sendiri ya mba. Ga perlu mencari kebahagiaa dari luar sana.

    BalasHapus
  2. dengan masuknya platform ini sebagai sebuah e-commerce maka akan membuat konsumen semakin memiliki banyak pilihan.. :))

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.