Pilih Mana. Beli Mobil Baru atau Bekas?

Juni 05, 2018



Memiliki mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan mayoritas keluarga Indonesia. Tak bisa dipungkiri mobilitas yang kian padat membuat orang butuh transportasi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Apalagi untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota lebih dari tiga. Kebutuhan akan mobil menjadi tak terelakkan. Mesi sekarang transportasi berupa mobil online sudah makin banyak namun memiliki mobil sendiri tentu akan jauh lebih menguntungkan. 


Buat temans yang berencana memiliki mobil, dan sudah punya tabungan awal akan lebih baik bila segera mengeksekusi rencana untuk cari mobil ini. Alasannya dari tahun ke tahun. Harga mobil akan terus naik.

Saat membeli mobil setidaknya ada tiga hal yang harus dipikirkan yaitu kebutuhan, waktu, dan ketersediaan dana. Soal kebutuhan penting diperhatikan untuk memilih jenis mobil yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Misalnya mobil yang akan dipakai untuk penumpang lebih dari lima, maka sangat tak disarankan untuk membeli city car yang biasanya ukurannya lebih kecil dengan kapasitas penumpang rata-rata 4 orang saja. Begitu pula mobil yang juga akan dipakai untuk penunjang bisnis seperti usaha toko akan berbeda dengan mobil yang disiapkan hanya untuk mobilitas keluarga.

Waktu pembelian berkaitan dengan harga. Saat akan membeli mobil kita harus mengetahui trend harga mobil agar bisa mendapatkan harga bersaing. Misalnya, membeli ketika akhir bulan biasanya akan lebih murah dibanding di awal bulan. Pada akhir bulan marketing biasanya akan dikejar target penjualan sehingga menyiapkan bonus dan diskon yang lebih banyak untuk menarik calon pembeli.

Begitu pula ketika akan musim mudik atau libur akhir tahun bisa jadi harga mobil cenderung lebih mahal sedikit dibanding waktu lain. Pada peak season biasanya kebutuhan akan mobil meningkat. Ada juga harga mobil yang akan menurun pada akhir tahun karena berkaitan dengan promo akhir tahun

Masalah lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan dana. Bila dana yang ada memungkinkan maka akan lebih baik bila membeli mobil secara cash. Total harga saat dibeli cash jauh lebih murah dibanding saat membeli kredit. Namun bila dana terbatas, membeli dengan kredit adalah pilihan. Hanya saja, pertanyaan besar berikutnya adalah mana yang lebih baik, membeli mobil bekas kredit atau membeli mobil baru secara kredit? 

mobil impian



Bekas atau Baru, mana yang baik?


Bila ditanya mana yang lebih baik keduanya punya nilai plusnya. Bila membeli mobil baru, kualitas dan performan mobil leboh terjamin karena semua mesin dan onderdil masih baru. Hanya saja, membeli mobil baru dananya lebih banyak.

Kekurangannya, begitu mobil dipakai nilai jualnya langsung turun. Bahkan untuk pemakaian 6 bulan, nilai mobil tersebut jauh menyusut dibanding saat dibeli 6 bulan sebelumnya. Meski begitu yang menarik dengan membeli baru adalah dari segi perawatan karena mobil baru biasanya masih dalam garansi hingga 3 tahun pakai.

Berbeda dengan mobil baru, nilai ekonomis mobil bekas relatif stagnan untuk jangka waktu tertentu. Misalnya mobil bekas yang dibeli 3 bulan lalu nilainya tak akan jauh berbeda turunnya bila dijual 3-6 bulan kemudian. Secara harga, mobil bekas jauh lebih murah. Akan lebih sempurna lagi bila kita bisa membeli mobil bekas yang masih bagus performa mesinnya.

Bila temans memiliki dana terbatas namun memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam hal otomotif maka membeli mobil bekas akan sangat menarik. Karena biaya perawatan bisa ditekan sebab temans bisa melakukan beberapa perawatan ringan misalnya untuk ganti oli, dan perbaikan kecil-kecilan.

Namun, bila kamu sama sekali buta soal otomotif dan urusan bongka mesin membeli mobil baru adalah pilihan terbaik untuk menghindari besarnya beban biaya perawatan. 


Di mana tempat mencari mobil bekas terpecaya?

Cari Mobil


Saat ini bisnis jual beli mobil bekas makin diminati. Meningkatnya kebutuhan akan kendaraan roda empat mendorong pabrikan mobil makin gencar melakukan pemasaran. Bursa jual beli mobil bekas makin semarak karena kalangan berduit banyak yang mengupgrade jenis mobil yang dipakai sehingga menjual mobil lama yang sebetulnya masih bagus.

Bertumbuhnya perusahaan pembiayaan mobil bekas juga mendorong makin banyak muncul dealer yang menyediakan jasa jual beli mobil bekas. Meski begitu kita tetap harus jeli dalam memiilih dealer jual beli mobil bekas. Mobil88 merupakan anak PT Astra Internasional Tbk adalah pilihan yang tepat karena merupakan dealer mobil bekas terpercaya. 

Membeli mobil bekas di Mobil88 akan memberi banyak keuntungan para calon pembeli. Setiap pembeli mendapat jaminan mendapatkan mobil bkas dengan kualitas baik. Juga ada jaminan garansi hingga 1 tahun dan buyback. Jadi bila setelah membeli mobil merasa kurang cocok dan berniat menjual lagi bisa langsung diakomodir di Mobil88. 

Pembelian di Mobil88 juga relatif terpercaya karena semua dokumen dijamin keaslian dan keabsahannya. Ada tim curator yang memastikan bahwa mobil yang diperjualbelikan adalah mobil legal. 

Kondisi mobil yang dijual juga mulus karena bebas kecelakaan dan bebas banjir. Kondisi odometer juga dijamin asli dan tidak diotak atik. Biasanya kalau membeli mobil banyak yang melakukan kecurangan dengan memutar odometer sehingga kilometernya menjadi sedikit. 

Nah itu dia. Jadi bagaimana temans? Siap untuk eksekusi rencana memiliki mobil impian? 

:-) 


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images