Kemanan Dunia Maya dan Sepak Bola (Part 2)

Juli 11, 2018



Membicarakan cybersecurity di antara semarak gelar piala dunia tentu belum selesai. Masih ada beberapa aspek yang bisa menjadi catatan.

Menyambung tulisan sebelumnya, berikut beberapa hal yang bisa dilihat dan dipelajari dalam kaitan cyber security dan piala dunia. 

Sistem Gerendel


Ketika bertujuan untuk mengamankan akun, kita perlu meningkatkan kemampuan pertahanan dengan menggunakan otentikasi dua faktor (2FA), terutama untuk akun yang berisi Personally Identifiable Information (PII) atau Informasi Identitas Pribadi serta data penting lainnya. 

Faktor tambahan ini mengharuskan kita mengambil langkah ekstra untuk membuktikan identitas ketika mencoba masuk atau melakukan transaksi. Dengan begitu, meskipun kredensial  bocor, ada penghalang lain antara akun Anda dan penyerang, seperti sistem gerendel yang biasa dipakai timnas Italia, pertahanan yang saling kait mengkait.


Kolektivitas

Ketika terhubung ke internet, peretas terkadang dapat menempatkan dirinya di antara perangkat dan titik koneksi, apalagi saat ini koneksi nirkabel ada di mana-mana. Untuk mengurangi risiko serangan man-in-the-middle, lakukan perlindungan secara kolektif atau menyeluruh, dengan menggunakan koneksi web yang dijamin oleh HTTPS, untuk koneksi Wi-Fi yang aman harus didukung oleh setidaknya enkripsi WPA2 atau idealnya WPA3 segera setelah tersedia. 

Sementara di rumah gunakan kata sandi administrator yang kuat dan non-default dan up to date firmware pada router. Gunakan layanan VPN (Virtual Private Network) yang memiliki reputasi baik, yang membuat data  tetap pribadi melalui penggunaan kanal terenkripsi. begitu selesai, keluar dari akun  dan matikan Wi-Fi.


Pemain kunci

Bagian penting dalam keamanan jaringan adalah tembok pertahanan yaitu firewall yang merupakan salah satu pemain kunci. Firewall sering dianggap sebagai garis pertahanan pertama vis-à-vis internet yang bertindak sebagai bouncer, yang memungkinkannya untuk menolak traffic dari internet liar dan tidak jelas ke jaringan internal atau sistem komputer, 

Begitu pun dengan traffic keluar, Firewall mampu memblokirnya juga. Dengan demikian, dapat membantu mengurangi risiko seperti misalnya, komputer  akan terhubung ke server command & control (C&C) yang dioperasikan oleh peretas atau bahwa kita akan berakhir di tempat yang tidak diinginkan dan kehilangan data dalam prosesnya.


Pilih Bek yang kuat

Pada saat kita diadu melawan  penyerang yang lebih terampil, terorganisir dan gigih, Kita membutuhkan pemain bek/bertahan yang kuat, seperti perangkat lunak keamanan khusus yang merupakan salah satu cara termudah dan paling efektif untuk melindungi aset digital. 

Solusi anti malware yang andal menggunakan banyak dan berbagai teknik pendeteksian dengan berbagai lapisan pertahanan pada berbagai tahapan proses serangan. Dengan begitu, kita dapat menghalangi berbagai ancaman, termasuk ancaman terbaru, karena penyerang terus menerus datang dengan skill dan teknik baru. 

Ini menggarisbawahi pentingnya selalu mengunduh update terbaru untuk perangkat lunak anti malware, yang idealnya dirilis beberapa kali sehari. Perangkat lunak keamanan berkualitas tinggi mengotomatiskan proses ini, jadi kita tidak perlu khawatir tentang menginstal pembaruan.

Multifungsi

Dalam sepakbola pemain multifungsi sangat dibutuhkan oleh seorang pelatih karena memiliki banyak kemampuan dan ditempatkan di berbagai posisi, sama seperti antivirus, selama ini banyak pengguna cenderung melihat perangkat lunak keamanan hanya untuk laptop dan desktop. 

Namun, dengan adanya Multi device Security memungkinkan hanya dengan satu lisensi dapat melindungi desktop, laptop, Mac, Tablet atau Smartphone sekaligus. Untuk mengurangi risiko yang terkait dengan perangkat seluler. andalkan metode otentikasi atau biasa juga disebut Secure Authentication yang aman untuk membuka kunci layar perangkat, membuat cadangan perangkat, mengunduh update sistem dan aplikasi segera setelah dirilis, sebaiknya secara otomatis jika mungkin, memasang hanya aplikasi terkemuka dari toko resmi aplikasi, dan pastikan untuk menggunakan enkripsi.

Kiper

Bagian yang tidak kalah penting adalah kiper atau pertahanan terakhir yang artinya diri sendiri. Tetaplah waspada dan berhati-hati di dunia maya, didiklah diri sendiri tentang kebiasaan daring yang aman. Jangan pernah berkata, 'tidak mau/tidak bisa", karena semua orang adalah target dan korban potensial. 

Ketahuilah bahwa satu klik sudah cukup untuk menimbulkan kerusakan besar pada diri dan orang lain, dan bahwa melanggar praktik keamanan yang baik demi memperoleh kenyamanan hanya akan merugikan diri sendiri. Seberapa amannya kita sebagian besar tergantung pada bagaimana kita menggunakan teknologi.

Pemain Cadangan

Cadangan adalah pemain yang jarang mendapatkan waktu bermain di lapangan, tetapi ketika dia mendapatkan kesempatan, dia dapat mengubah keadaan dan penyelamat bagi tim. Sistem biasanya tidak selalu atau sepenuhnya aman dari bahaya. 

Data dapat dikompromikan oleh sesuatu yang tidak dapat diprediksi lebih buruk lagi jika data tersebut dihapus/buang atau dienkripsi seperti dalam kasus ransomware. Di sinilah peran pemain cadangan beraksi, data yang dicadangkan secara teratur dan berkala punya peran penting mengembalikan fungsionalitas perusahan dan beraktivitas kembali secara normal.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images