IBX589487275DEC7 Sepucuk Semangat dari Untaian Kata Cinta - Catatan Ira Guslina

Sepucuk Semangat dari Untaian Kata Cinta

Agustus 23, 2018


Pernahkah temans berada dalam situasi galau? Tak punya motivasi untuk melakukan suatu aktivitas.


Hmm, situasi bad mood atau hilang semangat ini bisa terjadi kapan saja ya. Penyebabnya banyak. Bisa karena lagi punya setumpuk masalah, diputusin kekasih, dapat banyak tugas di kantor, mau datang bulan, atau karena sebab lain yang tak terduga.


Nah, biasanya saat sedang bad mood seseorang butuh pembangkit semangat baru. Peletup yang bisa membuat otak bekerja kembali dan bisa beraktivitas dengan normal. Hentakan ini bisa saja datang dari dalam diri atau berasal dari orang lain dan lingkungan sekitar.


Salah satu pembangkit semangat yang menurut saya cukup efektif membangunkan "monster" mood dari orang lain bisa melalui kata-kata penuh inspirasi, menggugah dan menjadi motivasi. Kata itu bisa berupa dorongan, dan yang paling menghentak menurut saya adalah untaian kata cinta.


Yup. Kata-kata romantis. Terkadang hanya berisi deretan kata sederhana. Namun, bila diucapkan dan disampaikan oleh orang yang berarti maknanya bisa jauh lebih dalam. Bisa membangkitkan semangat baru dalam diri.


Setidaknya menurut saya, ada beberapa tipe kata cinta yang bisa menjadi pembangkit semangat


1. Kata cinta motivasi


Kata cinta jenis ini biasanya berisi kalimat-kalimat menggugah yang memberikan semangat dan dorongan pada seseorang untuk berbuat lebih baik dan lebih berenergi dalam mengejar dan melaksanakan sesuatu.


2. Kata cinta inspirasi


Kata cinta inspirasi biasanya berisi hal hal baru atau pengetahuan baru baik mengenai kebiasaan atau kisah sukses seseorang yang dapat dijadikan contoh atau teladan bagi orang lain untuk bisa berprestasi dan menghasilkan yang terbaik. Bisa juga berisi kisah dan ungkapan penuh ide yang menggugah.


3. Kata cinta ungkapan hati

Kata cinta ini biasanya berisi perasaan seseorang pada orang lain. Bisa saja perasaan suka, sayang, dan cinta. Ungkapan perasaan bisa disampaikan oleh siapa saja, teman, sahabat, keluarga, dan kekasih.

Biasanya orang yang menerima kata cinta ungkapan hati akan menjadi semakin respek dengan orang yang menyampaikan isi hatinya. Dan biasanya bisa menjadi semangat baru dalam menjalani hidup.


4. Kata cinta rasa peduli

Kata cinta ini biasanya disampaikan untuk menunjukkan kepedulian pada seseorang. Bisa menjadi harapan dan peletup semangat bagi orang yang menerima sehingga menjadi lebih terdorong untuk melakukan hal baik sebagaimana pesan yang disampaikan dalam kata cinta yang dituliskan.

Dalam hidup, ungkapan kata cinta yang disampaikan seseorang biasanya memang bisa memberikan efek kejut luar biasa bagi yang menerima. Namun, agar efek yang ditimbulkan lebih berasa sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal saat akan menyampaikan kata cinta pada orang lain.


- Sampaikan pada waktu yang tepat

Kata cinta yang disampaikan bisa memberikan efek yang lebih mantap bila disampaikan di saat tepat. Misal saat orang yang dituju sedang tenang, sedang tidak bersemangat, atau memang sedang dalam keadaan bad mood sehingga membutuhkan semangat dan energi tambahan dari orang lain.


- Pilih untaian kata cinta yang sesuai dengan karakter penerima.

Sebaiknya hindari penggunaan kata yang memang tidak disukai oleh penerima. Misalnya bila orang yang dituju tidak suka menggunakan kata "Kau" untuk merujuk orang kedua maka jangan gunakan. Pilih kata lain bermakna sama seperti "Kamu".


- Pastikan untaian kata cinta yang dikirim memiliki struktur sederhana, mudah dimengerti dan menggunakan kalimat yang efektif. Hal ini diperlukan agar si penerima pesan bisa dengan mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan.


- Sajikan dengan menarik

Salah satu cara memberikan kata cinta pada seseorang agar lebih menarik perhatian dan berkesan adalah dengan menggunakan media ilustrasi. Bisa dibuat pada bermacam aplikasi desain sederhana. Untuk untaian kata cinta salah satu aplikasi yang sering dipakai adalah Canva.



Bagi para penggunananya Canva dinilai sangat menarik dan mudah digunakan. Selain itu Canva mudah dipersonalisasi dan memiliki banyak pilihan background dan jenis huruf. Dengan begitu kita bisa menyiapkan kata mutiara yang lebih eye catching.

Variasi background, pilihan huruf dan warna pada Canva misalnya bisa temans lihat pada dua ilustrasi yang saya pakai pada postingan ini. Sederhana tapi elegan bukan? Di Canva pilihannya jauh lebih banyak. Jadi bila temans masuk ke situsnya yang sekarang juga bisa diakses melalui aplikasi, temans akan menemukan inspirasi yang ga ada habisnya. :-)


Nah.. itu dia beberapa hal yang bisa menjadi perhatian saat menyiapkan kata cinta untuk diberikan pada orang spesial.


Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.