Cara membuat Es Buah

April 12, 2019



Es buah merupakan menu favorit mayoritas keluarga. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Cara membuat es buah pun terbilang mudah. Apalagi pada saat bulan puasa, menghidangkan es buah di meja seperti menyajikan oase di tengah padang pasir. J Begitu juga bila diminum pada saat panas-panas ya.. Hmmm pasti menjadi lebih nikmat.

Yup. Es buah digemari karena enak dan segar. Apalagi kalau padanan buah yang dimasukkan ke dalamnya sesuai dengan selera. Es buah juga banyak dipilih karena praktis dan mudah dalam penyajiannya. Buat ibu rumah tangga yang sudah repot dengan urusan memasak ini dan itu menyajikan es buah sebagai pelepas dahaga menjadi finishing touch yang mudah dan praktis tetapi mendatangkan kesegaran yang luar biasa.

Menyadikan es buat tidaklah susah. Yang diperlukan hanya menyiapkan beberapa jenis buah yang menjadi poin utama. Karena itu hal penting yang harus diperhatikan saat akan membuat es buah adalah memilih buah yang bagus dan segar. Pastikan buah yang dipilih juga tidak terlalu matang atau kelewat matang agar sensasi segar dari es buah bisa didapat.

Tips lain, kombinasikan beberapa jenis buah yang memiliki cita rasa selaras dan tidak mencolok agar efek segarnya bisa tercapai. Bila ingin menggunakan buah yang memiliki rasa mencolok seperti durian bisa-bisa saja tetapi nanti jangan salah kalau orang mengenalinya sebagai es duren bukan es buah lagi.. J

Untuk membantu dalam membuat es buah yang enak, murah dan segar, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan

Bahan:

Siapkan buah segar seperti semangka, nanas, melon, pepaya, anggur, strobery dan bisa juga ditambah buah naga. Hanya saja penggunaan buah naga akan mempengaruhi warna es buah yang dibuat karena akan menjadi merah. Buah lain yang jarang ditemukan tetapi biasanya mendatagkan efek segar adalah bengkuang dan camin-camin atau cermai.
Cara Membuat
  • 100 gram semangka merah atau kuning, potong dadu
  • 100 gram nanas, potong dadu
  • 100 gram melon, potong dadu atau bisa juga dibentuk kelereng
  • 100 gram pepaya, potong dadu atau bentuk kelereng
  • 100 gram anggur, belah jadi dua
  • 100 gram bengkoang, potong dadu
  • 50 gra strobery, belah dua
  • Buah naga jika disukai, potong dadu
  • 500 gram es batu yang sudah diserut atau sesuai selera
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis vanila
  • 5 sendok makan sirup vanila
  • Gula yang sudah dicairkan secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk. Masukkan semua buah yang sudah dipotong ke dalam mangkuk.
  2. Dalam wadah yang berbeda, masukkan air kemudian campur dengan susu kental manis dan larutan gula. Aduk hingga merata.
  3. Pastikan rasanya sudah manis atau disesuaikan dengan selera keluarga.
  4. Tuang air susu ke dalam mangkuk berisi buah-buahan.
  5. Masukkan es serut.
  6. Tuangkan sirup vanila di atas es serut. Lebih baik lagi kalau sirup dan es serut langsung dimasukkan atau disajikan di atas buah yang sudah diletakkan dalam gelas sehingga penyajiannya menjadi lebih menarik.
  7. Es buah siap untuk dinikmati.
Untuk mendapat kesegaran yang lebih nikmati ada baiknya es serut dan sirup dipadukan terpisah. Disajikan pada saat buah sudah diletakkan dalam gelas sehingga penyajiannya menjadi lebih menggoda. Selain itu akan lebih nikmat dan segar apabila es buah dikonsumsi tak lama setelah buah telah dipotong. Bila belum akan digunakan, sebaiknya buah disimpan dulu di kulkas untuk mempertahankan kesegaran.

Selamat mencoba ya...

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah cocok nih buat buka puasa, Mba. Coba modifikasi ah pakai gula merah karena banyak stok gula merah he-he-he.

    BalasHapus