Hari Cuci Tangan Sedunia

April 13, 2019



Ada satu kebiasaan baik yang saat ini tengah dikampanyekan secara nasional. Kebiasaan yang terlihat sederhana tapi menghasilkan dampak yang luar biasa. Itulah kebiasaan baik mencuci tangan.

Tahukah teman, ternyata mencuci tangan ini sudah menjadi kampanye internasional. Sehingga sekarang ada peringatan hari cuci tangan sedunia. Jadi hari cuci tangan sedunia ini adalah kampnye -global yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kampanye ini bekerjasama denga organisasi global lain baik melibatkan pemerintah maupun swasta.

Gerakan kampanye cuci tangan ini merupakan upaya untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat. Gerakan ini merupakan upaya untuk menurunkan tingkat kematian pada balita dan anak serta mencegah penularan penyakit yang bisa menyebakan penurunan kualitas hidup manusia.

Kapan sih hari peringatan cuci tangan sedunia ini dilakasanakan? Hmmm ternyata, perigatan hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia diperingati setiap 15 Oktober. Peringatan ini bersaaman dengan pertemua tahunan air sedunia.

Peringatan hari mencuci tangan sedunia menggunakan sabun ini diharapkan bisa menjadi katalisator dalam perubahan semangat hidup manusia untuk menjadi lebih baik. Peringatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dan masyarakat mengenai pola hidup sehat.

Kampanye Cuci Tangan Pakai sabun sedunia ini sebenarnya sebenarnya merupakan upaya mobilisasi jutaan orang di seluruh agar membiasakan mencuci tangan dengan sabun. Kenapa harus pakai sabun? Karena dengan sabun bakteri akan lebih mudah terangkat dan mati.


Pertama kalinya hari peringatan air sedunia disampaikan, merupakan inistaif dari PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing). Kegiatan ini didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Kampanye mencuci tangan sedunia ini ternyata cukup efektif dalam menurunkan angka kematian pada anak-anak dan orang dewasa. Saat ini dilaporkan lebih dari lima ribu anak-anak di dunia meninggal akibat diare. Hal ini disebabkan oleh kurangnya akses pada air bersih dan rendahnya kebiasan hidup sehat.

Dengan membiasakan diri mencuci tangan maka diharapkan beban masyarakat akibat biaya untuk pengobatan menjadi berkurang. Perubahan tingkah laku ini juga diharapkan bisa mendorong naiknya kualitas hidup masyarakat.

Mencuci tangan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Namun, tidak banyak yang tahu dengan pasti bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Biasanya, mencuci tangan dilakukan dengan ringkas dan super cepat. Ambil air celupkan atau basahkan tangan lalu selesai.

Padahal sebenarnya mencuci tanganpun juga ada caranya. Hal ini perlu diketahui agar tujuan utama mencuci tangan untuk mendapatkan hiegienitas bisa tercapai. Mencuci tangan diperlukan karena tangan merupaka bagian tubuh yang paling rentan bersinggungan dengan banyak hal. Bakteri dan kuman bisa berasal dari benda apa saja yang dipegang setiap hari. Bisa dari makanan, dari kursi, dari meja, dari lantai, dari uang, dari mobil, dari gantungan saat berada di kereta, dari benda-benda yang dipegang atau dari benda apapun yang berada di sekitar dan sempat mendapat kontak dengan tangan.


Tangan juga rentan menjadi penghubung kita dengan bakteri karena kita memfungsikan tangan untuk berbagai keperluan.

Kampanye ini juga diharapkan bisa mendorong pemerintah khususnya pemerintah daerah untuk meningkatkan fasilitas di sekolah dan tempat umum dengan menyediakan tempat mencuci tangan. Penyediaan air bersih ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk hidup lebih bersih lagi. Akses air bersih dan sanitasi yang baik merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak di seluruh dunia.

You Might Also Like

0 comments