Pembalut Kain Atau Sekali Pakai, Mana Paling Aman?

Februari 09, 2020



Penggunaan pembalut memang sangat lekat dengan dunia wanita, karena hanya wanita yang mengalami menstruasi. Saat ini pembalut sekali pakai menjadi primadona, namun dengan hadirnya pembalut kain, banyak yang kemudian beralih menggunakannya. tapi yang manakah yang lebih aman dipakai? Mau tahu jawabannya? Simak informasi berikut.

Plus Minus Dua Jenis Pembalut Kekinian


Menggunakan pembalut kain atau pembalut sekali pakai sama-sama memiliki plus dan minus. Tergantung bagaimana menggunakannya dan bagaimana Anda menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Karena menurut ahli, selama digunakan dengan tepat, akan membantu Anda melewati masa menstruasi dengan nyaman tanpa keluhan.

Pembalut Kain

Pembalut ini terbuat dari kain jenis katun yang diproduksi untuk pemakaian jangka panjang. Setelah digunakan harus dicuci bersih dan dikeringkan agar bisa digunakan kembali. Berikut ini plus minusnya.
-      
    Plus
Pertama adalah menghemat uang, karena Anda cukup membeli beberapa saja dan digunakan selama mungkin sesuai dengan ketahanan kainnya. Kedua mampu mencegah iritasi kulit karena biasanya terbuat dari bahan organik, dan ketika mengalami nyeri haid yangnormal akan membantu Anda melewatinya dengan lebih nyaman.

Ketiga yaitu mencegah terjangkit penyakit berbahaya karena aman dari bahan kimia, biasanya pembalut ini terbuat dari bahan yang sangat aman bagi kulit dan kesehatan.

-   Minus

Pertama tak bisa menampung darah menstruasi secara maksimal jika Anda merupakan kategori wanita dengan jumlah darah menstruasi melimpah. Kedua akan tetap berpotensi menimbulkan iritasi jika digunakan seharian tanpa diganti. Ketiga adalah rentan membuat kulit bermasalah jika Anda mengidap alergi pada bahan kain.


Pembalut Sekali Pakai

Pembalut ini dibuat dari serat sintetis yang diformulakan dengan berbagai bahan kimia. Penggunaannya hanya sekali pakai dan langsung buang, karena bahan di dalamnya hanya mampu menerap darah menstruasi saat digunakan saja.

    Plus 

Pertama adalah mudah dalam pemakaian dan praktis tak perlu dicuci, karena setelah pemakaian langsung dibuang. 

Kedua adalah banyak pilihan ukuran sesuai dengan kebutuhan wanita, mulai dari ukuran pendek hingga panjang dan ketebalan yang juga bervariasi, sehingga ketika pakai aplikasi kalender haid bisa dipersiapkan ukuran mana pada hari pertama dan hari berikutnya.

-   Minus
Pertama adalah rentan menimbulkan iritasi karena terbuat dari berbagai bahan kimia. Kedua adalah meningkatkan resiko penyakit kewanitaan karena bahan kimia berbahaya yang dikandungnya.

Karena kedua jenis pembalut tersebut memiliki plus dan minus, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah pilih karena kesehatan taruhannya

You Might Also Like

0 comments